Cara Memperbaiki TV LCD Rusak Bergaris

Cara Memperbaiki TV LCD Rusak Bergaris (Lengkap Gambar) – Beberapa waktu yang lalu,tetangga saya datang kerumah bawain tv LCD nya yang rusak, Gejala tv LCD tadi adalah 1/3 LCD aja yang ada gambarnya sisanya adalah garis yang konstan tanpa menampilkan gambar apapun. Gimana gak ganggu kalau gambarnya kayak gitu.
Terus saya langsung coba aja tuh tv, trnyata bener gambarnya hilang di beberapa bagian digantiin sama garis garis ga jelas :D. Langsung aja saya bongkar pas temen saya uda pulang. Baut nya cuma dikit dibelakang, ditambah dengan beberapa kuncian casing di setiap sisi tv nya. Setelah dibuka ternyata hanya dua blok mesin utama yaitu bagian regulator untuk supply tegangan serta bagian main board unit yang sekaligus juga blok tv itu sendiri. Blok regulator tergabung menjadi satu dengan blok inverter backlight LCD.
Karena yang bermasalah adalah panel LCD nya langsung aja bongkar dulu semua mesin pisahkan dengan lcd nya. nah, di panel lcd kan ada mesin tuh dibagian atasnya, coba kamu lepasin dan lipat keatas mesin nya. karena mesin itu direkatkan sama isolasi doubel tape atau sejenis lem lainnya jadi kamu harus pelan pelan ngelepasinnya ya biar PCB nya ga patah atau flexyble nya rusak.
Nah setelah kamu lepas lalu lipat mesin itu keatas (hati hati robek) nanti kamu akan lihat ada 3 buah flexyble yang terhubung ke panel kan? Coba kamu perhatiin foto kerusakan nya diatas, gambarnya rusak 1/3 dari layar tv nya. Ini tentunya cocok dilihat dengan adanya 3 kabel flexyble yang terhubung. Artinya proses scanning penampilan gambar pada layar tv lcd itu dibagi menjadi 3 bagian. Dan sisi mana yang rusak maka kita hanya perlu konsentrasi pada bagian flexyble yang layarnya rusak itu. dalam kasus ini adalah bagian kiri dari depan. (entah kenapa selalu bagian kiri).
IC COF ini berfungsi untuk mengkonversi sinyal yang dikirim dari mesin panel menuju panel LCD dengan proses scanning. sehingga tentunya kalau flexyble terlihat masih bagus tapi layarnya tetap menampilkan masalah, kamu bisa curiga terjadi kerusakan sama ic ini nih. rusaknya kenapa? meledak? hangus? atau apa?
Ngga, ternyata kerusakan yang paling sering adalah lepasnya jalur yang ada pada flexyble ke ic tersebut. Cara memperbaikinya sangat mudah sekali. pertama tama nih kalau saya ambil cairan flux dulu dan di olesin di ic yang mau kita benerin tadi. dikit aja cukup. Trus panasin solder ya. Perlu diperhatikan karena ic ini sangat rapuh kita perlu extra hati hati saat akan memperbaikinya. Solder kamu udah panas? langsung saja panasin ic itu pakai solder kamu tapi ingat jangan terlalu ditekan. Proses ini bertujuan biar jalur yang putus putus tadi nyambung dan data ke panel jadi terkirim normal deh.
Jika Anda tidak mau repot, Anda menghubungi teknisi kepercayaan Anda atau silahkan hubungi kami via whatsapp di 08123465465

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!